Agar Suara Anda Didengar

‘Mulutmu, Harimau’ Setuju dengan frasa tersebut? Kata-kata yang terucap dari mulut manusia mungkin adalah salah satu dari alat paling powerful di dunia. Kata bisa memulai peperangan, kata bisa meningkatkan penjualan, bahkan kata mampu meneteskan air mata. Namun kita sendiri sadar bahwa kehidupan kita menjadi makin bising dengan berbagai sumber suara yang penuh dengan kata. Janji para politisi di televisi, suara penyiar radio, iklan video di mesin pencarian Anda di internet, sampai suara para supir angkot yang ­ngetem di pinggiran jalan kota yang macet. Pernahkah kita sadar bahwa terkadang atau bahkan sering kali kita berada dalam suatu percakapan dengan seseorang seperti saudara, teman, rekan kerja atau kekasih namun kata-kata yang keluar dari mulut mereka tak sampai menyentuh kepada dasar pemahaman kita? Kita hanya mendengar semacam bunyi-bunyian dari mulut mereka yang saling berinterferensi dengan segala jenis bunyi yang berada di sekitar kita. Tentunya kita juga pernah mengalaminya, berbicara tanpa seorang pun mendengarnya. Bukankah suara adalah sumber koneksi paling utama kita dengan dunia sejak kita balita? Pertanyaanya bagaimanakah kiat agar suara kita didengar?

Menurut sebuah buku berjudul ‘How to be Heard: Secret of Powerful Speaking and Listening’ karangan seorang ahli suara dan komunikasi, Julian Treasure, bahwa ada 7 dosa besar yang harus kita hindari saat kita berbicara. Dari sana, kita akan bisa membuat suara kita didengar dan mampu mengubah dunia. Tujuh kebiasaan ini sering menjebak kita setiap kali kita berada dalam sebuah percakapan;

Suka Gossip

Membicarakan sifat atau kehidupan personal dan terlebih keburukan orang lain yang sedang berada di luar percakapan. Tentu bukan rahasia lagi bahwa orang yang mengajak kita bergosip beberapa saat kemudian bisa berganti membicarakan kita saat kita sedang tidak hadir. Tak ada yang lebih cepat dalam merusak kepercayaan dan sebuah hubungan melebihi gossip. Apakah ada ajaran agama yang menganjurkan penganutnya untuk bergossip? Tak ada.

Judge Mental

Kita sebagai manusia memang terprogram untuk memiliki insting bertahan hidup / survival. Saat kita melihat sesuatu mengancam kita baik secara fisik atau mental seperti harga diri kita, secara otomatis kita akan masuk dalam mode defensif. Sehingga pada akhirnya kita menutup semua kemungkinan-kemungkinan. Orang yang sedang berada dalam mode seperti ini akan sulit untuk diajak berbicara dengan logis dan lebih terbuka.

Negativity

Tentunya Anda pernah sesekali bertemu dengan seseorang yang selalu memiliki prasangka buruk, selalu curiga, dunianya selalu mendung dan merasa menjadi korban atas segala hal di dunia. Matahari yang bersinar secerah apapun tak akan sanggup membawa keceriaan padanya. Kita akan merasa sangat berat mendengar orang yang penuh dengan pikiran negatif. Ketika kita sendiri tidak nyaman berada di sekitar orang berkarakter seperti lalu untuk apa kita memelihara pikiran negatif?

Suka Mengeluh

Mengeluh adalah salah satu bentuk lain dari kebiasaan membawa pikiran negatif. Tentu mengeluh adalah salah satu hal yang paling ringan untuk dilakukan. Kita semua bisa mengeluh tentang apapun; mulai dari cuaca, karakter politisi, kondisi ekonomi, olah raga, sifat atasan atau client kita dan masih banyak ribuan obyek lainnya untuk dikeluhkan. Kita semua tentunya sadar bahwa olah raga mengeluh ini tidak akan ada ujungnya hingga kita berbuat sesuatu. Menyebarkan keluhan tak akan membawa perbaikan sama sekali di dunia ini.

Beralasan / Berdalih

Tak sulit menemukan orang seperti ini. Kita semua pernah menemuinya dan kita sendiri pernah melakukannya. Menjadi seseorang yang ingin melepaskan tanggung jawab dan melemparkan seluruh kesalahan pada segala sesuatu di luar dirinya sendiri. Mereka ingin masalah mereka ditanggung oleh orang-orang di sekitar mereka untuk dijadikan kambing hitam. Tentu sulit untuk mendengarkan orang dengan karatkter seperti ini.

Berbohong

Melebih-lebihkan, mengurangi, menghapus atau merubah suatu informasi untuk kepentingan ego sendiri. Tak perlu dibicarakan lebih jauh kenapa kita semua akan menghindari orang berpredikat pembohong seperti ini. Lihatlah pernyataan salah seorang filsuf ternama, Friedrich Nietzsche tentang perilaku suka berbohong, “ I’m not upset that you lied to me, I’m upset that from now on I can’t believe you.”

Dogmatis

Orang yang kurang terbuka pikiranya akan menggabungkan antara fakta dan opini mereka. Saat kita mendengar seseorang mencampur adukkan kedua hal tersebut, kita seperti mendengar angin yang kencang masuk ke telinga kita tanpa ada yang bisa menahannya. Seperti saat kita mendengarkan orang yang sedang mencaci kita dengan pendapat mereka sembari bersikap bahwa mereka ini seolah-olah yang paling benar. Sulit bukan mendengarkan orang seperti itu?

Demikianlah lah 7 kebiasaan yang harus kita hindari menurut Julian Treasure, seorang ahli komunikasi dunia. Jika kita menginginkan agar suara kita akan didengar dan mampu membuat perubahan di dunia maka sebisa mungkin jangan melakukan ketujuh hal tersebut. Pada tulisan berikutnya akan kami sebutkan beberapa hal yang justru harus kita kerjakan agar suara kita didengar.

Artikel kelanjutanya akan Kami post pada laman blog di website Tirto Proyektor: Rental Proyektor Surabaya. Terima kasih !

4 Manfaat Mengajar Menggunakan Proyektor

Anak remaja pada era digital sekarang sangat terbiasa menggunakan laptop maupun smartphone. Menghadirkan teknologi digital dalam kelas tentunya memberikan banyak manfaat pada proses belajar-mengajar. Berikut ini adalah lima manfaat mengajar menggunakan proyektor di dalam kelas :

1. Lebih efisien dalam menuliskan catatan

Tentu sangat sulit bagi para murid dalam waktu bersamaan untuk mendengarkan dengan konsentrasi penuh sembari tangan menuliskan catatan pada buku mereka. Dengan menampilkan presentasi dan pelajaran via proyektor yang interaktif, kita bisa menuliskan menambahkan catatan penting secara digital pada akhir pelajaran. Hal ini membuat para murid tidak perlu kuatir akan kehilangan pelajaran yang tidak tercatat sehingga mereka hanya perlu fokus kepada mendengarkan pelajaran dan hanya menulis beberapa catatan khusus yang penting bagi tiap masing-masing murid.

Penggunaan proyektor juga mengurangi kemungkinan para murid untuk menuliskan catatan yang salah atau irrevan dengan topik pelajaran di kelas, terutama saat mengajarkan sebuah pelajaran yang baru atau topik yang sangat komplek. Hal tersebut memastikan bahwa setiap murid telah menerima pemahaman fondasi yang sama sesuai dengan yang dimaksud oleh pengajar. Para pengajar juga bisa menyimpan informasi secara online setelah presentasi, sehingga para murid tidak perlu kuatir kehilangan buku catatan saat menjelang ujian.

2. Waktu mengajar lebih termanfaatkan

Sebelum era proyektor menjadi hal biasa dalam kegiatan belajar mengajar di keals, para guru terbiasa menghabiskan jam pelajaran mereka terlebih dahulu dengan menuliskan catatan di papan tulis dan secara kontinyu menghapus dan menulis ulang sebuah materi pada papan tulis sepanjang kelas terus berjalan. Gangguan-gangguan kecil tersebut dapat membuat para murid kehilangan minat dalam proses belajar-mengajar atau mulai berbincang-bincang di antara mereka sendiri sembari menunggu dengan bosan pelajaran berikutnya. Hal-hal tersebut membuat waktu di kelas tidak dimanfaatkan secara optimal.

Namun dengan kehadiran teknologi proyektor yang kini terjangkau, para pengajar bisa menghabiskan waktu mengajar dengan lebih optimal. Caranya yaitu dengan menyiapkan sebuah catatan pelajaran pada presentasi disusul dengan latihan soal sesudahnya. Sisa waktu juga bisa digunakan para pengajar untuk lebih menjalin interaksi dengan para murid secara personal sehiingga membuat mereka lebih merasa hadir dalam sebuah kelas.

3. Menampilkan gambar ataupun video yang menarik

Buku identik dengan tulisan-tulisan panjang pada sebuah halaman dan kadang disertai beberapa gambar penunjang. Bahkan tidak jarang para murid menggunakan buku yang hanya berisi tulisan/gambar hitam-putih karena menggunakan kertas hasil foto kopi. Hal ini mungkin akan sangat membosankan bagi beberapa murid.

Dengan memanfaatkan teknologi proyektor, para pengajar dapat menghadirkan sebuah gambar dengan full colour di dalam dengan lebih jelas dan dapat dilihat oleh seluruh peserta di kelas. Gambar ini tentu sangat membantu para pengajar untuk menjelaskan sebuah obyek seperti pada mata pelajaran biologi atau ekonomi. Selain itu pengajar juga bisa menampikan sebuah video berisi mata pelajaran dengan animasi yang menarik ataupun video dokumenter untuk menampilkan sebuah peristiwa menarik pada mata pelajaran sejarah atau psikologi.

4. Tidak perlu repot dengan tinta yang habis atau mencari penghapus yang hilang

Dalam sebuah kelas belajar-mengajar berlangsung, gangguan kecil yang terjadi dapat membuyarkan konsentrasi sebuah kelas. Seperti tiba-tiba tinta spidol habis sehingga harus mencari spidol baru atau bahkan mengisi ulang terlebih dahulu. Tidak jarang juga kadang penghapus terselip entah di mana sehingga pengajar kehilangan waktu beberapa saat untuk mencari penghapus.

Hal-hal di atas tentunya tidak akan dialami lagi saat pengajar menggunakan proyektor dalam proses belajar-mengajar di kelas, tidak perlu menyuruh seorang murid untuk keluar mengisi spidol dan kelas berhenti. Sehingga membuat kelas lebih fokus dan pelajaran dapat disampaikan tanpa gangguan sampai jam pelajaran berakhir.

Empat hal di atas adalah beberapa manfaat penggunaan proyektor dalam kelas. Jika Anda adalah seorang guru sekolah maupun guru privat hingga dosen sebuah universitas, maka berinvestasi pada proyektor atau LCD tentu sangat penting bagi karir Anda selama mengajar. Apabila Anda merasa tidak perlu memiliki karena dana yang terbatas atau tidak ada waktu untuk melakukan perawatan tidak perlu kuatir, sebab sekarang juga tersedia persewaan proyektor murah dengan harga terjangkau sesuai budget Anda. Bagi Anda yang berdomisili di Surabaya Anda bahkan bisa menikmati jasa rental proyektor Surabaya yang murah dan menerima jasa delivery seperti Tirto Proyektor.

 

 

3 Keuntungan Menggunakan Proyektor dalam Bisnis

Mereka yang sedang menjalankan bisnis sendiri ataupun para karyawan yang menghabiskan banyak waktu di dalam kantor memerlukan berbagai kebutuhan dan salah satunya yang paling penting adalah sebuah proyektor atau LCD. Sebuah proyektor adalah suatu alat yang memungkinkan Anda untuk menampilkan atau memproyeksikan sebuah images atau gambar ke tembok atau screen / layar di dalam kantor Anda. Proyektor ini akan sangat berguna untuk kelancaran bisnis atau perusahaan Anda untuk beberapa alasan. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan utama menggunakan proyektor.­

1. Membuat informasi menjadi tersedia untuk seluruh karyawan

Dengan menggunakan sebuah proyektor, pemilik bisnis atau seorang manager dapat dengan mudah dan praktis menampilkan sebuah informasi yang berkaitan dengan perusahaan seperti business plan, proyeksi keuntungan, target pemasaran, evaluasi rutin menjadi tersedia untuk seluruh karyawan. Proyektor mampu membantu seorang yang sedang berpresentasi untuk menampilkan sebuah informasi sehingga orang lain dapat dengan mudah melihatnya dan menulis catatan yang menjadi poin-poin pentinf dari informasi yang diproyeksikan di layar.

2. Menghemat kertas dan handouts

Sekarang adalah era digital, hampir setiap orang hidupnya tak pernah lepas dari barang-barang digital. Kita mungkin sudah mulai lupa kapan terakhir kali kita menulis pada sebuah buku kertas atau membaca hasil foto kopian sebuah dokumen penting kecuali jika Anda adalah seorang pejabat publik di kelurahan atau kecamatan. Beberapa manajer perusahaan biasanya memberikan semacam hand outs atau brosur berisi material kepada para bawahanya sebagai antisipasi seandainya ada yang perlu didiskusikan setelah rapat atau meeting selesai. Dengan menggunakan proyektor untuk kepentingan bisnis seperti ini, penggunaan hand outs ataupun kertas-kertas fotokopian hitam-putih yang tidak terlalu menarik tersebut menjadi tidak terlalu penting. Oleh sebab itu Anda bisa menghemat waktu Anda yang sangat berharga hanya untuk membuat kertas foto kopi dan tentu juga menghemat uang Anda untuk membeli tinta yang diperlukan untuk membuat hand out. Apalagi untuk Anda yang sedang memiliki budget terbatas, tentunya menghilangkan biaya overhead seperti kertas-kertas dan tinta akan menjadi sebuah pilihan yang patut dipertimbangkan.

3. Membuat karyawan atau audience lebih fokus

Menggunakan proyektor di dalam kantor Anda atau saat sedang memprospek calon customer menguntungkan bagi Anda sebab mereka para audience akan lebih fokus dan lebih terasa hadir dalam sebuah meeting. Sudah pasti apabila hanya mendengarkan seorang pemateri atau sales sedang berbicara selama berjam-berjam akan terasa sangat melelahkan. Namun dengan menampilkan sebuah gambaran visual yang menarik secara full color  selama meeting makan hal tersebut akan membuat orang-orang lebih tertarik dan lebih perhatian selama pertemuan. Bukankah membuat sebuah pertemuan menjadi selalu menarik adalah kebutuhan bagi seorang manager atau sales ?

Berinvestasi pada sebuah proyektor pada skala besar akan nampak sangat menguntungkan dan affordable. Tergantung pada jenis dan kualitas proyektor, para pemilik bisnis dapat membeli sebuah bisnis proyektor dengan harga kurang dari sepuluh juta rupiah. Meskipun harganya sangat bergantung pada jenis dan model proyektor namun menghabiskan dana tersebut akan menguntungkan mengingat manfaat-manfaat yang didapatkan proyektor seperti yang djielaskan di atas. Bagi Anda yang sedang menjalankan strategi tight budgeting atau menghemat pengeluaran semaksimal mungkin maka Anda dapat menggunakan jasa persewaan proyektor atau rental proyektor murah di Surabaya seperti kami, Tirto Proyektor. Jadi tunggu apa lagi? Dengan berbagai keuntungan luar biasa yang ditawarkan dari penggunaan proyektor untuk membantu melancarkan usaha, Anda harusnya tidak memiliki keraguan lagi untuk turut menggunakannya.